Monday 17 February 2014

Tips Menghadapi Kegagalan dan Berputus Asa

(Spesial untuk pembaca setia ILMU PETERNAKAN DOT COM) Semua orang dalam hidup penuh dengan harapan. Harapan inilah yang akan membuat hidup menjadi indah dan bermakna. Dalam meraih harapan dan mimpi-mimpi kita tentu akan dihadapi banyak sekali permasalahan dan tantangan yang menghadang.

Dalam proses tersebut kita dihadapkan pada dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu sukses dan gagal. Tidak dapat dipungkiri, bahwa orang yang benar-benar sukses sering menghadapi apa yang disebut dengan kegagalan. Kegagalan diidentikkan dengan sesuatu yang kurang menyenangkan dan kadang dapat membuat orang yang mengalaminya patah semangat. Penulis tergerak hatinya untuk dapat membagikan tips2 untuk menghadapi jika kita mengalami kegagalan. Tips2 tersebut yaitu:

Tanamkan pada diri anda bahwa harapan yg gagal tersebut pasti bukanlah yang terbaik bagi anda,Allah pasti telah menyiapkan rencana2 terbaik untuk anda. Jadikanlah kegagalan sebagai media dan sarana pembelajaran,supaya kita tidak jatuh pada hal yang samaBelajarlah biografi orang-orang suksesSelalu berpikir positif dan hindarilah berpikiran negatifBerlapang dada dan bersikap bijaksanaJangan mudah putus asa dan teruslah belajar,karena dengan belajar kita akan lebih dekat dengan kesuksesan.Sudah merupakan hal yang wajar jika suatu ketika kita mengalami kekecewaan. Kekecewaan itu salah satunya bisa disebabkan karena upaya kerja keras kita selama ini belum memperoleh hasil seperti yang diharapkan. Tapi,kita janganlah terlalu larut memikirkan kekecewaan itu sehingga akan menghambat aktifitas kita. Cukup sebentar saja kita merasa kecewa,segeralah kita berpikir positif dan melakukan introspeksi diri.

Tahukah anda,jika kita berlama-lama berada pada suasana kekecewaan dan putus asa yang berlarut-larut malah justru kita akan semakin terpuruk. Disamping itu,mental kita akan menjadi sakit dan akan mulai menjangkiti fisik kita. Orang putus asa dan stres cenderung memiliki resiko terkena penyakit lebih tinggi.

Mengingat betapa tidak baiknya dampak yang diakibatkan memendam kekecewaan dan putus asa, maka sebisa mungkin hindarilah sikap tersebut. Beralihlah untuk mengembangkan sikap berpikir positif. Sebab,berpikir positif akan memberikan energi positif yang besar untuk kita. Sehingga akan sangat menunjang keberhasilan kita.

Segera introspeksi diri dan jangan sampai jatuh pada hal yang sama. Belajarlah dari kegagalan,niscaya kehidupan kita akan menjadi lebih baik.

Demikian tips yang dapat saya berikan bagi pembaca setia ILMU PETERNAKAN DOT COM. Tetaplah belajar dan berkarya (Oleh Priyono, S.Pt, M.Si)

buka artikel aslinya disini

close