Tuesday 18 February 2014

Cara Memperoleh Kebahagiaan dengan Bersyukur

Ketika kita bangun dari tidur di pagi hari dan kemudian kita bukakan jendela. Sungguh segarnya udara pagi ini,dibalut dengan hangatnya terik mentari dan suara kicau burung bernyanyi dipagi hari. Alhamdulillah,kita sampai saat ini masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk bisa terus menikmati indahnya menyambut pagi.

Sungguh banyak nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita. Saking banyaknya,jika kita hitung sungguh sangat sulit. Kita amati yang paling dekat dengan diri kita. Lihatlah kita diberikan sepasang mata yang dapat kita gunakan untuk melihat begitu indahnya ciptaan Tuhan. Jika kita tidak memiliki mata,maka kita tidak akan tau seperti apa wajah Ibu kita,yang ada hanya gelap yang menyelimuti. Itu baru kita amati mata kita,belum anggota badan kita yang lain. Jadi,jika kita hitung-hitung nikmat yang diberikan Tuhan,maka kita tidak akan mampu untuk menghitungnya karena nikmat Tuhan sangat banyak.

Lalu apa yang harus kita lakukan terhadap adanya nikmat-nikmat tersebut?. Bersyukur merupakan cara yang paling tepat. Apapun dan berapapun nikmat yang kamu peroleh,hendaklah disyukuri. Allah akan menambah nikmat untuk orang-orang yang bersyukur.
Bagaimana cara bersyukur?. Caranya yaitu dengan mempergunakan nikmat yang diberikan sesuai dengan jalan agama. Menjalankan setiap perintah Tuhan dan menjauhi segala larangan Tuhan. Bersyukurlah dengan segala nikmat yang telah diberikan. Jadilah orang yang pandai bersyukur. Para pembaca yang budiman,kebahagiaan merupakan hal yang didambakan oleh setiap orang dimuka bumi ini. Jika tidak percaya,silahkan tanyakan pada orang yang anda temui,"apakah anda ingin hidup susah dan tidak bahagia?". Saya yakin jawabanya pasti tidak. Memang benar,kebahagiaan merupakan hal yang harus kita cari,baik didunia maupun diakhirat. Tentunya menggunakan cara yang benar.

Pada kenyataanya,banyak kita jumpai orang-orang yang dalam mengejar kebahagiaan didunia menghalalkan segala cara. Kebahagiaan identik dengan rumah mewah,mobil mewah,harta melimpah,istri cantik,suami macho,maupun jabatan. Tapi perlu pembaca ketahui,bahwa kebahagiaan tidak selalu identik dengan hal tersebut. Ingatlah,hidup kita didunia hanya sementara,maka berusahalah untuk mengejar kebahagiaan dengan menggunakan cara yang benar dan tidak menghalalkan segala cara.

Para pembaca yang budiman,sebetulnya kunci utama kebahagiaan adalah dengan selalu bersyukur. Baik kita diberikan kesempatan dalam kelapangan maupun dalam kondisi sempit,kita tetap bersyukur. Ingatlah,Allah akan menambah nikmat bagi orang-orang yang bersyukur (Oleh Priyono, S.Pt, M.Si).


buka artikel aslinya disini

close