Saturday 19 January 2013

Ukuran Denah Kapasitas Kandang Ayam Kampung

Sahabat ternak dalam pembuatan kandang dapat menekan biaya produksi yaitu dengan menentukan ukuran denah kapasitas kandang ayam kampung. Ukuran kandang dipengaruhi oleh kapasitas ayam di dalamnya. Begitu sebaliknya jumlah ayam yang dibudidaya mempengaruhi ukuran kandang. Oleh sebab itu dalam artikel ini kami mencoba membuat ukuran dari sebuah kandang dan kapasitas ternak dalam sebuah kandang beserta denah kandang dengan tujuan menghemat biaya produksi serta tempat khusus untuk ternak ayam kampung semi intensif.

Ukuran kandang serta kapasitas di dalamnya memang tidak ada ukuran baku, namun jika tidak sesuai dengan situasi penghuninya maka akan berakibat buruk untuk ternak itu sendiri.

Tujuan menentukan ukuran :
1. Memaksimalkan tingkat pertumbuhan ayam berdasar umur
2. Mengurangi kanibalisme
3. Menentukan bahan yang akan digunakan
4. Menentukan biaya yang akan dikeluarkan
5. Pemanfaatan lahan serta keadaan kandang
6. Perbaikan managemen kandang
7. Membuat kandang ayam kampung yang baik.

Denah Kandang Sistem Litter
Denah Kandang Sistem Ren
Gambar dan denah kandang sudah tertera pada galery kandang ayam kampung.

Acuan Ukuran dan Luas Kandang
a. 1-7 hari 30-50 ekor per m2
b. 7-14 hari 25-30 per m2
c. 14-21 hari 20-25 per m2
d. 21-30 hari 15-20 ekor per m2
e. 30-60 hari 7-10 ekor per m2
f. 60-90 hari 5-7 ekor per m2
g. >90 hari (induk) 1 ekor per m2
*) Pada teorinya memang berdasar ukuran per m2 namun pada kenyataannya para peternak hanya berpedoman pada luas kandang yang dibuat. Misalkan selama pemeliharaan dibutuhkan 3 kali pindah kandang jadi pembuatan kandang tidak serumit teori di atas. Kecuali untuk sistem batery dalam budidaya ayam kampung intensif.

Menghitung Ukuran Luas Kandang Untuk Kapasitas Tertentu
Untuk mencoba pemahaman kita menghitung ukuran luas kandang dari data di atas coba hitung berapa luas kandang yang diperlukan jika kita memelihara 350 ekor di setiap usianya. Berikut cara menghitungnya :
a. Tentukan jumlah ayam
b. Cari selisihnya
c. Hitung luas hasil akhir

Contoh :
Jumlah kandang ayam (m2) = jumlah ayam / ukuran luas kandang per m2
                                              = 350 : 50 ekor/m2
                                              = 7 m2
*) Ukuran penghitungan di atas mengacu pada bentuk persegi. Dalam kenyataannya bentuk kandang hanya memanfaatkan ruang atau halaman tertentu dengan bentuk beragam. Intinya adalah sisakan 1/4 ruang bebas dari kapasitas penuh untuk tujuan ruang gerak dan tempat pakan dan minum.

Ukuran Jeruji Pagar atau Kurungan
Bila sahabat memakai bambu untuk jerujinya, atau jika sahabat ternak menggunakan jaring (seperti yang kami gunakan) pasti membutuhkan acuan agar penghematan bahan, berikut ini pengalaman kami memakai jeruji dari bambu dan jaring. Dengan harapan atau 2 tujuan utama yakni ayam tidak kabur dan penggunaan bilah bambu/jaring lebih irit supaya biaya pembuatan kandang lebih efektif dan efisien.

Usia 1-2 bulan adalah 1 cm (1 jari orang dewasa)
Usia 2-3 bulan adalah 2,5 cm (2 jari orang dewasa)
Usia Dewasa adalah 3,5 cm (4 jari orang dewasa)

*) kami tidak mencantumkan kandang usia DOC karena penggunaan kandang semacam jeruji hanya untuk 1 bulan ke atas. Sementara pembuatan kandang sudah kami ulas pada manajemen brooding DOC sederhana.

Ukuran Indukan (Intensif)
Seiring bertambahnya ayam baik indukan maupun DOC untuk ukuran indukan kami membuat kandang dengan pola mengikuti ukuran balok kayu (usuk) yakni panjang 3m dan dijadikan 2 potong. Pada akhirnya menghasilkan 1,5m bentuk persegi. Atau p x l x t adalah 1,5 meter dengan kapasitas per kandang induk yaitu perbandingan jantan dan betina adalah 1 : 5 ekor.

Terakhir diperbarui 17 Februari 2014
Referensi : Agus Murtidjo, Bambang (1992) Mengelola Ayam Buras : Kanisius, Yogyakarta  
close