Wednesday 16 January 2013

Bubul Pada Anus DOC Ayam Kampung

bubul pada anus ayam kampung

Bubul pada anus DOC ayam sering terjadi akibat kesalahan manajemen pemeliharaan ternak. Banyak sekali efek atau masalah yang dapat terjadi dimulai pada bubul sekitar anus. Pada intinya adalah masalah pertumbuhan DOC kurang seragam. Lebih parah lagi jika tidak cepat-cepat ditangani akan menimbulkan kematian karena anak ayam susah untuk membuang sisa metabolisme tubuh. Dalam artikel ini kami mengulas pada masalah bubul ini terutama pada saat penanganan DOC. Mari kita bahas.

Bubul atau dobol (bahasa jawa) dalam pengertian kami sebagai peternak pemula yaitu pengerasan sisa metabolisme atau feses ayam yang tidak sempurna. Bubul ayam ini dimuali dari keluarnya kotoran ayam yang tidak sempurna (mencret) tidak jatuh ke tanah namun di bagian bulu sehingga membentuk cairan yang melekat di bulu sekitar anus. Kejadian seperti ini jika tidak diketahui peternak, sementara kotoran terus keluar dibarengi dengan suhu sekitar 30 derajad akan mempercepat pengerasan kotoran di sekitar anus.

Penyebab
Sebab utama masalah dubul ini sering terjadi pada masa pemeliharaan awal (DOC) dan pada manajemen brooder doc kurang tepat yakni masalah managemen pemberian pakan. Disamping itu ada beberapa penyebab masalah ini diantaranya :
1. Pemberian pakan
Pemberian pakan sudah kami tulis sebelumnya, jadi untuk pemberian masa DOC ini seharunya pakan berbentuk tepung (mash) sehingga mampu dicerna oleh usus dan tidak menimbulkan diare berkepanjangan. Kami sudah menulisnya pada jenis pakan ayam berdasar bentuk dan cara pemberian pakan ayam dengan tepat.

2. Suhu terlalu panas
Suhu dalam brooder (pemanas/box/chicken guard) dapat mencapai lebih dari 32 derajad. Akibatnya DOC kebanyakan minum sehingga terjadilah diare dan pengerasan kotoran terjadi lebih cepat.

3. Penyakit
Banyak penyakit seperti berak kapur dll dapat menimbulkan masalah ini. Jadi segeralah lakukan penanganan agar masalah bubul ini dapat kita hindari.

Akibat
Banyak sekali akibat dari masalah bubul pada anus untuk ayam usia muda. Seperti disinggung pada paragraf awal bahwa banyak sekali akibat dari masalah ini. Berikut pengalaman kami :
a. Menghambat metabolisme tubuh
Memang ayam kelihatan segar, lincah namun dibalik itu ayam akan menahan "pup"nya karena susah keluar sempurna (jika sudah mengalami pengerasan)
b. Menghambat pertumbuhan
Pada awalnya masalah ini bukan masalah serius, namun jika terjadi beberapa hari bubul dapat berakibat pada pertumbuhan kurang optimal
c. Keseragaman bobot
Jika peternak mengacu pada bobot ayam yang dijual justru ini masalah serius karena dapat memperlama masa pemeliharaan. Kejadian ini sering kali terjadi dan dapat mengakibatkan ayam yang mengalami masalah bubul lebih kecil dan ringan dari teman sekoloninya.
d. Kematian
Seperti saat ayam tidak bisa bab (buang air besar) dengan lancar, maka dapat menimbulkan kekurangan nafsu makan. Lama kelamaan ayam akan mati karena kekurangan energi dan nutrisi.

Penanganan
Jika sahabat ternak mengalami masalah seperti gambar di atas, segeralah lakukan penanganan agar akibat buruk tidak terjadi. Berikut cara mengatasi masalah ini dari kami :
1) Ambil DOC dari brooder dengan ciri-ciri kotoran menempel pada bulu sekitar anus.
2) Bersihkan dengan tissue pembersih yang sebelumnya diberi air hangat
3) Tunggu hingga kering atau lap dengan tissue kering
4) Kembalikan ke kandang

Jika sahabat sudah menemukan DOC dengan bubul keras dan besar itu tandanya masalah ini sudah terjadi beberapa bari. Lakukan penanganan sebagai berikut :
a) Ambil ayam yang sedang mengalami masalah tersebut
b) Rendam bubul atau pantat ayam ke dalam air hangat setelah beberapa menit. Dengan tujuan kotoran mudah dibersihkan
c) Lap dengan tissue kering dan tunggu hingga kering
d) Masukkan ke dalam kandang.

*) Penanganan masalah ini jika tidak tepat (terburu-buru) dapat menyebabkan kematian walaupun anus DOC tidak mengalami pendarahan. Akibat buruk ini terjadi karena stress berlebih pada ayam.

Pencegahan
Selama pemeliharaan dan sistem pengelolaan ternak baik masalah bubul ini tidak akan terjadi lagi dalam urusan budidaya ayam kampung. Memang untuk pemula seperti saya kerap sekali terjadi, tetapi apakah kejadian serupa akan terulang kembali jika kita sudah mengalaminya? Berikut ini ada kata-kata bijak sederhana namun sangat bermanfaat bagi kita semua terutama untuk penulis blog ternakayamkampung.com :D
Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin maka sesungguhnya ia orang yang beruntung, barang siapa hari ini sama dari hari kemarin maka sesungguhnya ia adalah orang yang rugi dan barang siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka ia adalah orang yang celaka.

Salam sukses peternak ayam kampung Indonesia!


close