Sunday 16 February 2014

Sukses Mengelola Kecerdasan


Selamat sore sobat blogger semua, semoga anda semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Sudah beberapa hari saya tidak menyempatkan diri untuk menuliskan sepatah atau dua patah kata di blog ini. Rasanya seperti bertahun-tahun lamanya... Perasaan inilah yang memanggil jiwa dan hati saya untuk menorehkan coretan-coretan di dunia maya yang tentunya sangat saya harapkan banyak mengandung manfaat untuk anda semuanya.

Beberapa hari yang lalu, mungkin tepatnya sekitar setengah bulan yang lalu kita telah menapaki apa yang dinamakan tahun baru. Waktu dimana kita harus menutup lembaran tahun lalu yang telah penuh dengan coretan-coretan warna-warni dalam hidup kita. Itu semua sungguh merupakan momen-momen yang banyak menimbulkan kenangan. Saat ini kita dihadapkan pada apa yang dinamakan resolusi. Sebagai manusia yang berkeinginan untuk hidup sukses tentu kita menyiapkan secercah harapan yang menjadi resolusi kita.

Apa yang sudah anda persiapkan untuk menyambut resolusi ditahun ini, harapannya bisa matang dan penuh perencanaan dalam menggapai target-target kehidupan. Satu hal yang menjadi kunci untuk menyiapkan resolusi juara di tahun ini adalah kecerdasan kita. Kok kecerdasan ?.. Mengapa ?. Ya, kenapa saya disini menuliskan kecerdasan sebagai faktor utama penentu keberhasilan resolusi kita.

Kecerdasan ini tidak hanya berarti kecerdasan intelektual saja, melainkan ada beberapa kecerdasan yang memang tidak bisa berdiri sendiri untuk menjemput kesuksesan. Jika kita hanya mengandalkan kecerdasan intelekual saja, maka akan ada begitu banyak hambatan dan tembok-tembok yang akan menghadang kita. Oleh karena itu, kita harus bisa mengkombinasikan kecerdasan intelektual beserta kecerdasan yang lain secara komprehensif.

Kemudian yang menjadi pertanyaan kita, kecerdasan apalagi yang dibutuhkan untuk mencapai sukses ?... Adapun kecerdasan yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan selain kecerdasan intelektual yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kecerdasan intelektual tanpa didukung dengan adanya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual tidak akan mampu mengantarkan seseorang menuju gerbang kesuksesan.

Sudahkan anda mempersiapkan ketiga kecerdasan tersebut untuk menjemput kesuksesan anda ??... Hal yang harus kita perhatikan dalam menjemput kesuksesan yaitu disamping memiliki kecerdasan intelektual, kita juga dituntut untuk cerdas dalam mengelola kecerdasan emosional kita. Jika kita cerdas secara intelektual akan tetapi kita lemah dalam mengelola emosi, maka kita akan tertinggal jauh dibandingkan dengan rekan-rekan yang lainnya.

Sebagai suatu contoh, kita memiliki kemampuan dalam bidang menulis, akan tetapi secara emosi kita tidak memiliki emosi untuk menjadi penulis yang sukses, maka kita dalam jangka panjang akan selalu berada pada kondisi yang stagnan dan tidak berubah. Sungguh sayang sekali bukan, jika kita memiliki potensi yang luar biasa, tapi kita tidak mampu untuk memanfaatkan dan mengolahnya ?.

Selain dituntut untuk memiliki kecerdasan emosi, kita juga dituntut untuk memiliki kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual ini akan mampu untuk mengontrol kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional kita. Kesimpulannya adalah kita harus mampu mengelola kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual untuk menjemput kesuksesan kita dipintu gerbang kemenangan. Sudah siapkah anda untuk menjadi orang yang sukses ???.
Sumber Gambar: http://dhiyatheadventurer.blogspot.com/2011/10/kunci-menuju-kesuksesan.html


buka artikel aslinya disini

close