Friday 14 February 2014

Menjadi Penulis Best Seller: Resolusi Juara 2012

Blog saat ini menjadi suatu hal yang sangat akrab di hati dan perasaan saya. Setelah kuingat-kuingat ternyata saya mengenal blog kurang lebih sekitar 3 tahun lalu. Pertama yang saya pikirkan sebelum membuat blog waktu itu, blog sepertinya menjadi milik para alumni Teknologi Informasi. Saya yang merupakan lulusan peternakan sempat berpikir dalam hati, apa mungkin saya bisa?.

Berbekal hobi yang memang gemar menulis akhirnya mengantarkan saya untuk menekuni dunia blogging. Orang di internet sering menyebut aktivitas ini dengan istilah ngeblog. Berawal dari ajakan teman kuliah waktu saya mengambil pendidikan S-2 dan dibantu dengan seseorang yang saat ini tidak mungkin saya lupakan. Saat ini beliau telah resign dari pekerjaan, tapi berkat dorongan dari beliau akhirnya saya membuat blog dengan judul Animal Science Zone.

Dalam hati saya merasa gembira, karena saya sudah mempunyai sebuah blog yang bisa menerbitkan karya-karya tulisan saya. Menjadi penulis best seller merupakan cita-cita yang sangat saya idam-idamkan. Saya menulis berdasarkan hobi, jadi walaupun saya menulis puluhan bahkan ratusan artikel untuk diterbitkan di blog walaupun tidak ada royalti yang masuk ke saku saya, tapi saya ikhlas. Pada dasarnya memang saya ikhlas untuk menyumbangkan pemikiran saya terutama yang berkaitan dengan bidang keahlian saya yakni bidang peternakan.

Disamping mengenai dunia peternakan saya juga aktif menulis artikel motivasi, puisi dan cerpen. Saya jadi teringat waktu dahulu diramal menggunakan primbon jawa. Berdasarkan hasil ramalan tersebut, saya diprediksikan menjadi pemimpin/ngulama dan pujangga. Bukannya saya percaya akan ramalan itu, tapi setidaknya saya jadi bertambah motivasi untuk menjadi penulis terkenal yang bukunya laris manis terjual.

Memang sewaktu saya masih kecil saya sering sengaja membeli buku kosong, dan buku kosong tersebut saya rencanakan untuk menulis sebuah buku. Tapi apa yang terjadi saya selalu berhenti ditengah jalan. Buku yang saya tulis pun tidak ada yang selesai, apalagi diterbitkan. Apalagi pada jaman saya kecil belum familiar yang namanya computer, apalagi internet. Tapi, saya waktu kecil tetap semangat untuk menorehkan karya saya lewat tulisan-tulisan. Saya menulis buku tersebut manual dengan ballpoint, mungkin dapat anda bayangkan kapan buku yang saya rancang akan selesai ditulis.

Tapi tidak apa-apa, hal itu bisa menjadi bahan pijakan bagi saya untuk lebih bersemangat lagi untuk berkarya melalui tulisan. Apalagi pada jaman modern seperti sekarang ini, kita seakan mudah untuk menggenggam dunia. Bagaimana kok dunia bisa digenggam?. Anda mungkin sudah sangat familiar dengan yang namanya internet. Dengan internet pekerjaan utama saya yang sebagai dosen menjadi mudah dan sangat terbantu. Saya sudah berusaha menjadi dosen yang baik dengan memberikan banyak hal yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Para mahasiswa saya juga sangat terbantu dengan adanya internet.

Saat ini saya sudah mulai mengembangkan sayap, kok mengembangkan sayap?. Maksud mengembangkan sayap disini adalah mencoba untuk aktif menulis di media. Dalam jangka panjang saya sedang menyiapkan banyak buku yang bisa siap diterbitkan. Artikel-artikel saya saat ini sudah mulai bermunculan di media masa. Royalti atau honor pun sudah mulai saya terima. Tapi jangan khawatir, saya juga tetap memberikan masukan-masukan artikel lewat blog yang ikhlas saya persembahkan untuk anda semua. Adapun alamat blog saya adalah www.ilmupeternakan.com.

Menjadi penulis best seller adalah komitmen saya, bukan keinginan saya. Di penghujung tahun 2011 ini saya melakukan evaluasi diri. Saya terbiasa mengevaluasi diri saya melalui analisis SWOT. Dengan bantuan analisis ini saya mudah sekali menemukan strategi yang tepat berdasarkan gejala-gejala yang ada. Seiring dengan bergantinya tahun, tentu ada semangat baru, ada energy baru yang mendongkrak semangat saya untuk merengkuh menjadi penulis best seller.

Ya, resolusi juara 2012: saya berkomitmen menjadi penulis best seller. Saya pasti bisa menjadi juara di tahun 2012. Saya pasti bisa menerbitkan sebuah buku yang best seller. Saya pasti bisa!.

Tentu, selain usaha saya juga banyak berdoa. Kita sudah berusaha secara maksimal, hasilnya serahkan pada yang di Atas. Usaha yang saya lakukan dan merupakan hal pokok adalah saya harus mudah dalam mengakses internet. Karena pertama kali mengenal koneksi internet dari kakak saya yang memakai Telkom Speedy, sampai saat ini saya masih percaya bahwa Telkom Speedy mampu menjadi alat utama saya terhubung dengan internet dalam mewujudkan resolusi juara 2012 saya menjadi penulis best seller.



buka artikel aslinya disini

close