Friday 12 October 2012

Batasan Penggunaan Bahan Pakan Ayam

Dalam penggunaan bahan pakan tertutama untuk unggas perlu kiat khusus untuk memanagemen pemberiannya. Bahan pakan terlalu berlebihan akan berakibat buruk pada ayam kampung. Dengan berprinsip pada landasan teori tersebut kami ingin menginformasikan kepada peternak ayam kampung yang belum mengetahui tentang batasan penggunaan bahan pakan unggas. Dikarenakan mereka sering mengesampingkan batasan penggunaan bahan pakan ayam dengan alasan biaya dan ketersediaan. Kita ambil contoh penggunaan bekatul seharusnya maksimum penggunaan 30% dari total yang diberikan perharinya. Sekarang mengapa kita memerlukan batasan maksimal pemberian pakan mencapai 30%? Jawabannya adalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ayam pada bidang yang lain. Sementara alasan lain adalah tidak menimbulkan dampak yang negatif pada ayam. Misal bekatul tadi, jika kita memberikan lebih dari 30% maka akibatnya adalah rontok bulu yang berlebihan. Itu baru 1 bahan makananan, sementara bahan pakan yang lain?

Dalam hal ini berikut kami sajikan tabel batasan pemberian maksimal bahan pakan untuk ayam dalam % :
bahan pakan
Data di atas di ambil dari saudara EKO WIDODO Fakultas Peternakan Brawijaya Malang yang telah memberikan ilmunya kepada kami.

Dengan mengetahui batasan penggunaan bahan pakan unggas kita akan dapat membuat sendiri pakan unggas kita karena data di atas sebagai pedomannya. Akhir kata salam sukses! Terima kasih.
close