Monday 2 July 2012

Tingkat Keefektifan Pakan Ayam Kampung

Mengetahui tingkat keefektifan pakan ayam kampung sangatlah penting untuk mendapatkan hasil ternak ayam kampung asli yang terbaik. Semakin tinggi kualitas pakan akan semakin tinggi pula hasil ternak ayam kampung asli kita. Namun harus memperhatikan harga yang paling murah. Tingkat keefektifan pakan ayam kampung dinyatakan dalam Feed Convertion Ratio (FCR). FCR berarti Tingkat Keefektifan Pakan Ayam Kampung asli.

Sebelum mengetahui FCR, ada baiknya kita mengetahui kebutuhan pakan untuk ayam kampung asli sebagai pedoman untuk menghitung FCR. Cara menghitung FCR atau tingkat keefektifan pakan ayam kampung adalah mengetahui jumlah ayam yang dipanen x jumlah bobot rata-rata : jumlah pakan selama pemeliharaan. Yaitu dengan rumus :

FCR = a1 x a2 : b

a1 = jumlah ayam yang dipanen
a2= jumlah bobot rata-rata ayam kampung
b = jumlah pakan yang dibutuhkan selama pemeliharaan

Contoh penghitungan FCR
Jumlah ayam yang dipanen 1000 ekor, berat rata-rata 2 kg, berat pakan yang dibutuhkan selama pemeliharaan 3125 kg. Penghitungan, 3125kg : 2000kg = 1,6. (2000kg didapat dari jumlah ayam yang dipanen x berat rata-rata)
Jadi jumlah FCR yang dihasilkan adalah 1,6

Kesimpulan : Semakin rendah jumlah FCR maka semakin bagus kualitas atau tingkat keefektifan pakan ayam kampung.

Anda bisa menambahkan VITERNA Plus atau POC NASA dan lain sebagainya untuk menurunkan angka FCR dengan tujuan menambah tingkat keefektifan pakan ayam kampung.
close